10 Penemuan besar bangsa China zaman dahulu

10 Penemuan besar bangsa China zaman dahulu



10. Serbuk Mesiu

Diterangkan dalam terbitan dari koleksi buku “tehnik militer paling utama” yang disusun oleh Zeng Goliang, Mesiu awalannya di buat dari kombinasi kalium nitrat, arang serta belerang. Ini diibaratkan juga sebagai penemuan mesiu, lantaran Zeng melukiskan tiga kombinasi bahan tidak sama serta lalu China memakainya juga sebagai tanda suar serta kembang api, yang lalu dipakai oleh militer juga sebagai rudimeter granat.
Bersamaan dengan perubahan zaman, jadi logam ditambahkan disamping 3 bahan kombinasi paling utama, ketika inilah kembang api modern lahir serta disusul dengan terwujudnya bahan peledak proyektil seperti peluru.

9. Kompas

Awal mulanya kompas yang di ciptakan menunjuk ke selatan bukanlah utara lantaran mereka berasumsi arah cardinal mereka yaitu selatan. Kompas paling awal yang terbuat dari magnet di ciptakan pada era ke4 SM.

8. Kertas

Tak terang siapa yang pertama kali nampak dengan ide merubah bhs lisan ke bhs tulisan. Ada informasi yang menyampaikan bahwa bhs tercatat pertama kali dirumuskan dalam satu pacuan kuda pada Sumeria di Mesopotamia (saat ini Harappa, Afganistan) dengan Kemites di Mesir. Bhs pertama nampak seputar 5000 th. waktu lalu. Sesudah bhs mulai tumbuh, manusia mulai mengekreasikan bhs degan cara mencoret-coret/menggambar/menulis pada permukaan satu benda, seperti bambu, kulit hewan, kulit kayu, tanah liat, papyrus, daun serta batu. Pergantian mulai berlangsung sesudah seseorang pria bernama Cai Lun temukan prototype kertas yang semakin maju. Saat sebelum terobosan Cai, beberapa orang China menulis pada bambu (bambu yang ditipiskan) serta pada kain sutra, namun pada 105 AD, Cai Lun membuat kombinasi serat kayu serta air lalu di-pres kedalam kain tenunan. Dalam sistem ini terwujudlah kertas kasar.

7. Pasta

Pada th. 2006, arkeolog temukan semangkuk mie yang terkubur dalam tanah, berusia 4000 th. di pemukiman Lajia, propinsi Qinghai didekat perbatasan Tibetian. Pasta yang tertua yang pernah diketemukan didunia. Itu terbuat dari dua type gandum millet, ke-2 type itu sudah dibudidayakan oleh China sepanjang seputar 7000 th.. Hingga sekarang ini beberapa orang China masih tetap memakai biji-bijian itu untuk bikin pasta.

6. Gerobak Tangan (Wheelbarrow)

Rencana gerobak tangan ini diketemukan oleh Jugo Liang yang hidup pada saat pemerintahan dinasti Han. Gerobak tangan pada awalnya dipakai untuk membawa benda-benda yang berat. Penemuan ini menaklukkan kehadiran gerobak Eropa yang mana gerobak masih tetap dengan sistem dorong (gerobak dorong). Gerobak tangan di China nampak 1000 th. lebih awal dari gerobak Eropa. Awalannya, kendaraan ini ditujukan untuk maksud militer. Mereka dipakai juga sebagai barikade mobile dan untuk transportasi. Penemuan ini oleh orang China pernah dirahasiakan sepanjang beratus-ratus tahun. Dari narasi rakyat, orang yang mempunyai andil dalam penemuan kereta dorong yaitu seseorang petani yang hidup pada era pertama saat sebelum masehi yang bernama Ko Yu. Tetapi hal semacam ini masih tetap dipertanyakan, spekulasi bermunculan bahwa masih tetap ada ikatan benang merah pada Jugo Liang serta Ko Yu.

5. Seismograph

Walau China tak menyampaikan dengan pasti bagaimanakah suatu gempa diukur dengan taraf richter (taraf richter belum diketemukan hingga 1935), mereka terdaftar sukses membuat detector gempa pertama didunia, yakni seismograf. Penemu seimograf yaitu Zhang Heng seseorang astronom, matematik, engineer serta pelukis pada saat pemerintahan Dinasti Han awal era ke-2. Kreasi seismograf Zhang Heng yaitu berupa suatu bejana perunggu yang berat dengan dihiasi 9 ekor naga yang menghadap kebawah serta 9 ekor katak yang menghadap ke atas. Didalam bejana bergantung pendulum dalam situasi diam hingga ada getaran yang menggerakkannya. Kesimpulannya, ayunan pendulum mengatur tuas gerakan internal seismograf. Hal semacam ini bakal menyebabkan pelepasan bola di mulut naga yang menghadap ke arah episentrum gempa bumi. Bola lalu bakal segera jatuh ke mulut katak dibawah. System kerja seismograf ini sangatlah simpel, namun negara-negara barat baru bisa mengembangkannya sesudah 1500 th. seismograf Zhang Heng terwujud.

4. Alkohol

Jejak-jejak alkohol diketemukan dalam pecahan tembikar oleh arkeolog di propinsi Hennan yang diprediksikan berusia 9000 th.. Penemuan ini menunjukkan bahwa China yaitu yang pertama untuk bikin alcohol. Pada awal era ketiga SM, orang China sudah temukan cara untuk melakukan perbaikan product makanan seperti cuka serta kecap dengan memakai tehnik fermentasi serta penyulingan, lalu disusul dengan alcohol.

3. Layang - Layang

Layang-layang sudah jadi sisi dari budaya China sepanjang seputar 2. 400 th.. Sepanjang era ke empat SM, Gongshu Ban serta Mo Di, seseorang pelindung seni serta seseorang filsuf, semasing bikin layang-layang berupa burung merpati lalu dinaikkan ke hawa dengan pertolongan angin. Bersamaan dengan berlalunya saat, design layang-layang diperbaiki serta digunakan juga sebagai hiburan. Cara gampang memancing tanpa ada perahu yaitu dgn layang-layang. Layang-layang juga jadi intrumen dalam aplikasi militer, untuk membawa serta menjatuhkan bahan peledak dipertahanan musuh. Pada th. 1232, layangan dipakai untuk menjatuhkan selebaran propaganda diatas perkemahan tawanan perang Mongo.

2. Gantole

Pada akhir era ke-6 Masehi, China sukses bangun aerodinamis layangan besar serta dapat untuk mengangkat rata-rata berat badan laki-laki. Gantole dulunya dipakai untuk menghibur kaisar. Kaisar memperoleh kesenangan dengan melihat penjahat yang dihukum lewat cara mengikatnya pada gantole, lalu diterbangkan kedalam jurang.

1. Sutra

Cara merekayasa materi ulat sutra telah ada mulai sejak 4700 th. waktu lalu. Suatu gulir diisi artikel perihal produksi sutra diketemukan di makam Liangzhu di ciptakan sepanjang periode 3330-2200 SM. Beberapa orang China merahasiakan penemuan sutra dengan sangatlah ketat, namun rahasia terbongkar juga, lantaran mereka kehilangan kontrol saat biarawan dari Eropa sukses mengambil telur/kepompong ulat sutra serta membawanya pulang ke negara aslinya.

wdcfawqafwef