10 Hal yang serupa tapi tak sama

10 Hal yang serupa tapi tak sama



1. Kodok vs Katak

Ada garis tidak tebal yang memisahkan katak (frog) dengan kodok (toad). Bila lihat photo ini, anda mungkin saja berasumsi bahwa kodok yaitu sejenis katak yang disuntik steroid. Walau sebenarnya keduanya yaitu hewan yang tidak sama famili. Ya, tidak sama.

Bagaimanakah membedakan kodok serta katak? Menurut pengetahuan perkodokan yang ada disini. Katak itu datang dari banyak famili, bertubuh langsing, berkulit tidak tebal serta basah, dan mempunyai loncatan yang jauh lantaran kaki belakangnya panjang.

Sesaat kodok datang dari famili Bufonidae, bertubuh gempal, berkulit tidak tipis serta kering, dan berkaki belakang pendek. Mengapa kodok serta katak termasuk amfibi? Lantaran mereka hidup di air serta di darat. Mengapa katak dapat melompat jauh? Lantaran kaki belakangnya panjang serta kuat. Mengapa kodok bila nyebrang rel kereta api juga melompat? Soalnya bila muter jauh...

2. Kaisar vs Raja

Yang satu ini rada mbulet. Tetapi ekplanasi paling memuaskan yang saya peroleh yaitu raja memimpin suatu bangsa, sesaat kaisar memimpin beberapa bangsa. Lokasi yang di pimpin raja dimaksud kerajaan (kingdom), sedang kaisar memimpin kekaisaran (empire). Ada cerita Injil yang layak jadi misal.

Raja Herodes yaitu raja Yudea, Yudea sendiri adalah suatu kerajaan (bangsa) yang eksis dibawah kekaisaran Romawi yang pada saat itu di pimpin oleh Kaisar Agustus. Yudea adalah suatu kerajaan untuk satu bangsa, disamping itu Romawi yaitu kekaisaran yang kuasai banyak bangsa serta kerajaan, termasuk juga Yudea.

Misal yang lain yakni Kerajaan Inggris (United Kingdom), yang mencakup Britania Raya serta Irlandia Utara, juga mempunyai arti Kekaisaran Inggris (British Empire). Bedanya British Empire tidak mencakup Britania Raya serta Irlandia Utara saja, tetapi juga jajahan Inggris, seperti India serta Kanada.

3. Psikolog vs Psikiater

Yang satu ini pernah di tanyakan sahabat saya : ke yang manakah dia mesti pergi untuk menangani masalahnya? Sudah pasti bergantung masalahnya. Keduanya profesi yang tidak sama. Psikolog yaitu pakar psikologi. Tugasnya melayani curhatan dan konsultasi psikologi.

Disamping itu, psikiater yaitu dokter (mungkin lantaran keduanya sama ada " ter " -nya). Jadi psikiater itu bisa pula dimaksud dokter kejiwaan. Dengan hal tersebut, sudah pasti psikiater memiliki hak memberi resep, umpamanya obat anti-depressan, sesaat psikolog tak. Ketidaksamaan lain? psikolog itu lulusan psikologi. Sesaat psikiater itu lulusan kedokteran. Jika anda dipaksa ke psikolog mungkin anda perlu sharing, sesaat bila anda dipaksa ke psikiater bisa jadi anda perlu treatment sakit jiwa.

4. Sinterklaas vs Santa Claus

Santa Claus yaitu sosok yang tinggal di Kutub Utara. Sesaat Sinterklaas adalah tokoh dongeng Belanda yang diceritakan tinggal di suatu kastil di Spanyol. Keduanya berikan hadiah pada anak-anak yang baik. Santa Claus mau kita meninggalkan kue buat dia tukarkan dengan hadiahnya.

Sesaat Sinterklaas? Kita diharuskan menyimpan rumput di sepatu, seperti yang saya kerjakan dahulu, untuk kudanya. Nah, rumput itu nanti bakal diganti dengan hadiah Natal. Sinterklaas lebih menguasai pasar di Indonesia, bukanlah Santa Claus. Oh ya, masalah hukuman untuk anak-anak nakal, Santa Claus bakal menukar kue dengan batu arang. Sesaat Sinterklaas lebih sadis, dia bakal menyuruh piet hitam untuk memasukkan si nakal ke karung. Lucu, eh?

5. Vihara vs Klentheng

Dua hal semacam ini kerap digabungadukkan. Vihara itu Bhs Indonesia sesaat Klentheng yaitu Bhs Jawa, sekian sangkaan saya dahulu. Tetapi nyatanya kenyataannya tak sesederhana itu. Secara singkat, Vihara yaitu rumah beribadah umat Buddha sesaat klentheng yaitu rumah beribadah umat Tridharma.

Tridharma yaitu paduan Buddha, Kong Hu Chu, serta Taoisme. Pada zaman orde baru, dua agama paling akhir tadi tak disadari pemerintah walau jumlah pengikutnya cukup penting. Mengakibatkan, mereka meleburkan tempat ibadahnya berbarengan vihara Buddha.

Ketiganya menamai diri mereka dengan sebutan Tridharma (tiga ajaran). Klentheng tetap masih eksis walau agama Kong Hu Chu saat ini telah disadari pemerintah. Tempat beribadah spesial umat Kong Hu Chu dimaksud dengan arti Lithang. Jadi janganlah lupa bila lihat tempat beribadah yang serba merah meriah, kemungkinan besar itu punya umat Tridharma.

6. TNT vs Dinamit

Keduanya tidak sama. TNT (Trinitrotoluena) diketemukan di th. 1863 oleh Joseph Wilbrand, pakar kimia berkebangsaan Jerman. TNT yaitu senyawa kristal yang berwarna kuning serta mempunyai daya ledak high-explosive. Permasalahan yang lain yaitu senyawa TNT sangatlah beracun, walau tambah lebih stabil dari pada dinamit.

Disamping itu dinamit diketemukan di th. 1867 oleh Alfred Bernhard Nobel, yang berkebangsaan Swedia. Dinamit menggabungkan nitrogliserin dengan beragam jenis senyawa, termasuk juga sodium karbonat (bahan kimia untuk buat sabun). Dinamit mempunyai daya ledak semakin besar dari TNT serta lebih reaktif (tak stabil). Segi positifnya, dinamit tak beracun. Gampangnya, bila di buka berisi kristal kuning itu TNT. Bila berisi bubuk putih, itu dinamit.

7. Bank Dunia vs IMF

Keduanya dibuat pada th. 1944 tetapi adalah organisasi yang tidak sama. Keduanya juga jadi tujuan sumpah serapah negara-negara yang tercekik credit. Jadi mengerti ketidaksamaan dua institusi ini sangatlah utama agar tak tampak bodoh saat anda mengutuk satu diantaranya sembari membawa spanduk di depan Gedung Sate.

IMF (International Monetary Fund) adalah instansi yang didirikan untuk menghindar krisis global ekonomi (HahahaĆ¢€¦ bermakna mereka tidak berhasil). IMF mengupayakan beberapa hal seperti kestabilan ekonomi serta perdagangan bebas. Mereka juga mengawasi agar tak berlangsung fluktuasi mata duit yang terlalu berlebih.

Sebenarnya, banyak yang protes IMF lantaran kebijakan free trade yang mencekik negara miskin serta untungkan negara-negara produsen (yang telah kaya).

Disamping itu Bank Dunia atau World Bank yaitu tukang minjemin uang. Didirikan juga pada th. 1944 dengan maksud menolong rekonstruksi ekonomi negara-negara di Eropa yang remuk redam disebabkan Perang Dunia II. Bank Dunia memberi credit lunak pada negara-negara miskin serta berkembang. Tetapi konyolnya, negara yang dipinjami duit ini jadi jadi tergantung pada Bank Dunia serta terikat hutang.

8. Anatomi vs Fisiologi

Belajar masalah badan manusia, itu anatomi atau fisiologi? Jawabannya : Pelajaran perihal anatomi fokus pada ukuran, bentuk, serta tempat dari susunan dari organ badan. Anatomi mengobservasi bagaimanakah organ-organ badan terkait keduanya serta detil strukturnya. Fisiologi yaitu pengetahuan yang pelajari fungsionalitas dari organ-organ badan.

Fisiologi yaitu pengetahuan yang sehubungan lewat cara kerja system badan yang kompleks. Umpamanya cara kerja jantung serta mengerti bagaimanakah daya disimpan didalam sel badan. Anatomi serta fisiologi adalah pengetahuan yang terkait sangatlah erat serta sama-sama mensupport. Tetapi bukanlah bermakna keduanya sama.

9. Simfoni vs Orkestra

Bila ingin tampak high-class, anda butuh dapat membedakan keduanya. Keduanya adalah pertunjukan musik instrumental yang dimainkan oleh beberapa orang, tetapi apa ketidaksamaannya? Orkestra termasuk juga arti generik. Pertunjukan musik yang dimainkan oleh beberapa orang dengan beragam jenis alat musik, mencakup perkusi, alat musik string, bas, dan sebagainya, dimaksud denganorkestra.

Bila tak ada alat musik string (umpamanya biola, cielo, atau kecapi) jadi itu tidak bisa dikelompokkan juga sebagai orkestra. Orkestra dapat dimainkan dari mulai lima orang sampai empat puluh orang. Terserah tim yang main. Sesaat simfoni yaitu orkestra yang besar. Bukanlah besar dari jumlah pemain, tetapi besar dari jumlah variasi alat musiknya.

Suatu orkestra dimaksud simfoni jika komposisinya cukup untuk memainkan lagu-lagu simfoni, umpamanya : Beethoven Symphony Number 9. Pada lagu karya Beethoven itu, prasyarat minimum alat musik yang perlu ada yaitu : seruling, oboe, klarinet, bassoon, terompet, timpani, dua type biola, cello, bass, biola bass, full chorus, ditambah vokalis solo soprano, alto, tenor, serta bass. Bila ingin lebih sinting lagi dapat ditambah tong sampah serta galon Aqua. Intinya simfoni yaitu orkestra yang kompleks.

10. Paspor vs Visa

Ingin jalan-jalan ke Singapura? Anda perlu paspor. Ingin jalan-jalan ke Inggris? Anda perlu paspor serta visa. Apa lain keduanya? Sederhananya, paspor yaitu KTP internasional. Paspor meliputi photo serta data-data pribadi. Ada beragam type paspor, umpamanya paspor turis ataupun paspor diplomatis.

Membawa paspor, bukanlah bermakna dan merta berikan hak untuk anda untuk masuk ke negara lain. Untuk masuk negara lain, anda perlu visa. Visa yaitu izin untuk masuk ke satu negara yang menyebutkan bahwa pemegang paspor sudah di beri hak untuk masuk ke negara itu. Jadi anda tak dapat ajukan visa bila tak mempunyai paspor.

Sumber : kaskus. us

wdcfawqafwef